BELAJAR ILMU OTOMOTIF DI SAHRIL BLOG

Selasa, 17 Januari 2012

dasar-dasar motor pembakaran dalam



panas atau daya adalah bentuk dari energi yang didapat dari hukum konversi energi yaitu daya dapat ditransformasikan menjadi panas dan panas dapat ditransfomasikan menjadi daya/kerja keduanya dalam hubungan yang selalu konstan





panas yang dihasilkan dari proses terbakarnya bahan bakar dalam ruang bakar di salurkan melalui piston ke connecting rod lalu ke poros engkol dan dirubah menjadi putaran/torque





contoh soal



kurva performa mesin

  • pada motor pembakaran dalam yang ideal yang ideal diklasifikasikan menjadi 3 langkah :

    1. langkah volume tetap atau disebut otto cycle
    2. langkah tekanan tetap atau disebut diesel cycle
    3. langkah gabungan atau disebut sabathe cycle





  • hilangnya tenaga pada saat langkah aktual

  • jumlah daya yang dihasilkan pada langkah aktual yang dibandingkan dengan langkah teoritis adalah sekitar 0,85 - 0,95


    • beberapa penyebab dari menurunnya jumlah daya yaitu
      1. pembakaran yang tidak sempurna
      2. adanya kebocoran gas
      3. hilangnya panas melalui dinding silinder
      4. hilangnya tenaga saat pembakaran
    1. intake loss (tenaga yang hilang sesat sebelum pembakaran)
    2. cylinder wall loss (tenaga yang hilang lewat dinding silinder) panas pembakaran yang hilang melalui dinding silinder dikarenakan air pendingin dan udara pendingin
    3. tenaga yang hilang dikarenakan terjadinya pembakaran yang tidak sempurna energi panas yang dihasilkan oleh pembakaran aktual, dibandingkan dengan total energi panas dari bahan bakar yang dikirimkan adalah lebih kecil karena pembakaran yang tidak sempurna dari udara bersih yang dihisap ke dalam silinder
    4. after burning loss (kehilangan tenaga setelah pembakaran) setelah pembakaran terjadi, suhu gas buang akan naik, sehingga banyak kalor yang terbawa oleh gas buang tesebut
    5. mechanical loss yang terajadi karena
      1. gesekan antara piston dengan silinder
      2. gesekan dari bearing
      3. daya atau kerja yamg digunakan untuk penggerak komponen penunjang (oil pump, water pump, alternator, kompressor AC dan lain sebagainya)yang dibutuhkan untuk pengoprasian


  • output dari motor pembakaran dalam

  • tekanan efektif rata-rata : daya yang diberikan ke piston dalam satu langkah oleh tekanan campuran udara dan bahan bakar pada langkah kompresi dan tekanan gas pada langkah ekspansi dibagi dengan volume piston pmi=N/V {kg/cm2}

    keterangan : N= jumlah daya atau kerja {kg.cm} yang diberikan pada piston dalam satu langkah dan V= volume langkah dari piston {cm3}
    bagaimana menyatakan tekanan efektif rata-rata

    tekanan efektif rata-rata ditandai dengan Pmi (kg/cm2)

    saat area tekanan P diagaram volume langkah V dirubah menjadi bentuk segi empat dengan panjang = volume langkah yang ditunjukkan pada gambar diatas


  • indicated horse power Ni[Ps] engine horse power didapat dari penggunaan efektif rata-rata yang ditandai dan dihitung dengan rumus sebagai berikut :







  • Tidak ada komentar: