BELAJAR ILMU OTOMOTIF DI SAHRIL BLOG

Sabtu, 26 November 2011

sistem pelumasan

  • sedikit penjelasan
    1. Sistem Pelumasan menyalurkan oli mesin ke komponen yang berputar agar mesin dapatbekerja dengan lembut. Dan juga berperan penting sebagai pendingin. Sistem pelumasan terutama terdiri dari oil pan sebagai tempat menampung oli, pompa oli untuk memompa oli keseluruh komponen mesin, relief valve yang mengontrol tekanan oli maksimum, oil filter unutk menyaring kotoran yang terkandung dalam oli, oli pressure sender gauge (oil pressure swiwtch yang mendeteksi tekanan oli, oil level gauge )yang mengatur banyaknya oli di dalam oil pan
  • macam-macam metode pelumasan
    1. metode percikan yaitu minyak pelumas dipercikan oleh connecting rod yang mempunyai oil spoon (sendok)
    2. metode tekanan yaitu minyak pelumas di salurkan dengan cara di tekan, untuk melumasi komponen-komponen mesin
    3. metode percika dan tekanan yaitu minyak pelumas dipercikan untuk dinding silinder dan minya pelumas di tekan untuk melumasi komponen-kompenen mesin yang lain
  • komponen-komponen sistem pelumasan
    1. oil pan berfungsi untuk menmpung minyak pelumas
    2. oil strainer berfungsi untuk menyaring kotoran pada oli sebelum terhisap oleh pompa oli
    3. oil pump oli yang terkumpul di dalam oil pan dihisap ke dalam pompa oli melalui saringan dan pipa hisap (suction pipe). Bila gasket atau ring O pada sambungan suction pipe rusak, udara akan memasuki sistem melalui sambungan pipa dan menyebabkan oli yang di hisap mejadi tidak cukup. Akibatnya pelumasan menjadi berkurang, dan keausan komponen tidak normal. Putaran mesin yang bertambah akan menyebabkan tekanan dari pompa menjadi naik, bila kenaikan mencapai batas tertentu (4 kg/cm atau 56,9 psi) maka relief valve akan membuka dan oli sebagian kembali ke oil pan. Bila relief valve macet pada posisi membuka, maka tekanan oli menjadi rendah dan menyebabkan keausan komponen menjadi tidak normal, sebaliknya bia relief valve macet dalam keadaan menutup, menyebabkan tekanan oli yang naik berlebihan sehingga dapat menyebabkan terjadinya kebocoran oli, dan bila slidding part di dalam pompa oli menjadi aus, maka dapat menyebabkan tekanan oli menjadi turun. oil pimp sendiri berfungsi untuk mengisap minyak pelumas dari oil pan dan memompakan ke bagian-bagian mesin yang perlu pelumasan. Ada dua tipe oil pump yaitu :
      1. tipe trochoid rotor pump yang menggunakan roda gigi dengan perkaitan dalam
      2. tipe pompa model insertribed yang menggunakan roda gigi yang banyak dengan penggeraknya crank shaft
    4. oil pressure relief valve yang berfungsi untuk mengatur tekanan minyak pelumas yang akan disalurkan. Relief valve ini bekerja pada tekanan 3.2 - 4.5 kg/cm kuadrat
    5. oil filter berfungsi untuk menyaring kotoran yang terdapat pada minyak pelumas. katup pembebas/relief valve dilengkapi pada saringan oli yang berfunsi menyalurkan/memby-pass minyak pelumas apabila terjadi penyumbatan pada elemen saringan

sampai disini dulu sedikit coretan dari kuring
semoga dapat membantu para sahabat
terima kasih

Tidak ada komentar: